Minggu, 16 November 2014

cara menanam sengon solomon

1.    Persiapan lahan.
Persiapan lahan yang tepat mampu menjadikan sengon solomon tumbuh dengan optimal dan menghasilkan daya dukung yang sesuai bagi perkembangan sengon solomon.
Persiapan lahan dimulai dengan membersihkan semak belukar dan alang alang serta rerumputan. Pembersihan lahan bisa dilakukan menggunakan jalur  tanam jarak 1 meter sekeliling tanaman atau pembersihan total lahan, ataupun bisa menggunakan jalur piringan melingkar disekitar tanaman berupa lingkaran 1 meter ke sekeliling tanaman.

2.    Pengolahan lahan.

Tanah yang akan ditanami dibikin lubang tanam berukuran 40x40x40 cm dengan tujuan agar drainasi tanaman bisa berlangsung normal. Siapkan pupuk kandang minimal 3 kg per pohon dan npk 50 gram per pohon di awal penanaman.

3.    Jarak tanam ideal untuk sengon solomon adalah 3x3 meter, tak perlu kita serakah mengejar jumlah tanaman, karena kalau terlalu rapat justru akan MERUGIKAN anda sendiri, tanaman akan susah besar, biaya bibit, pupuk, tenaga dan lain lain membengkak. Bayangkan.. di usia 6 tahun tanaman yg ditanam dengan jarak 3x 3 meter bisa berukuran diamater 30 cm keatas dengan nilai per pohon diatas 500-800 rb, sedang yg ditanam dengan jarak 1 x1,5 meter paling hanya berdiamater 15 cm dengan nilai dikisaran 50 ribuan.. artinya 1 pohon gede yang terawat bisa mengalahkan 10-20 pohon yang ditanam asal asalan dengan biaya yang hampir sama.

4.     Penanaman sengon solomon idealnya di musim hujan, sehingga akan mengalami masa penyiraman hujan yang lama.sehingga diawal tanam gak perlu repot atau kuatir gak kena air.




Proses pembersihan lahan dan pembuatan lubang tanam serta di isi pupuk kandang




buka polibag plastik dari bibit sengon solomon kultur jaringan

keluarkan bibit dari kantong plastik

berikan suplemen berupa PUPUK HAYATI biar cepet gede.

tanam kembali dan urug dengan tanah

penanaman selesai kemudian dilanjutkan perawatan rutin

untuk tips pemeliharaan akan kami sampaikan di tulisan selanjutnya. selamat menanam sengon solomon


Tidak ada komentar: