Rabu, 14 Januari 2015

Cara jitu membedakan bibit sengon solomon dengan sengon laut lokal

Kepopuleran sengon solomon akhir akhir ini begitu meningkat pesat, dengan segudang keunggulan yang tidak di miliki oleh sengonlaut  lokal, menjadikan sengon solomon menjadi primadona unggulan,. bayangkan dengan kecepatan tumbuh hampir 2x lipat sengon lokal dan daya tahan dari penyakit karat tumor dan boxtor .menjadikan  sengon solomon sebagai komoditasn yang banyak dicari pekebun untuk dikembangkan.

sayang sengon solomon memiliki kelemahan utama yaitu stoknya yang terbatas. 
 untuk di Indonesia sengon Solomon ditanam diberbagai areal  kadang sulit mengeluarkan biji dan harus dikembangkan dengan sistem kultur jaringan.  sedangkan mengimpor benihnya langsung dari tempat asalnya  Solomon Island di Pasifik sana terbentur waktu dan prosedur yang berbelit belit.
sengon solomon usia 2 tahun berdiameter 20 cm



Alhamdulillah kami dari CV Sengon solomon sejahtera  berhasil menemukan sumber benih sengon solomon yang berbuah cukup banyak di lokasin hutan di Pulau Jawa, karena lingkungan ini kemungkinan habitat yang cocok bagi sengon solomon jadi bisa berbuah lebat dan prosentase kecambahnya besar. dan kami sudah menguji pertumbuhannya tidak kalah dengan yang dari kultur jaringan.

atas sengon solomon , bawah sengon lokal

 nah dengan kepopuleran sengon solomon ini maka ada oknum yang memancing di air keruh ayitu mengaku memiliki bibit sengon solomon yang ternyata sengon lokal biasa di klaim sebagai sengon solomon. akan tetapi mudah sekali mendeteksi kecurangan mereka dan kecurangan mereka ini akan terdeteksi dengan 3 pertanyaan sebagai berikut

sengon solomon memiliki biji lebih panjang dari sengon lokal



bibit sengon solomon asli, siap diadu pertumbuhannya dengan sengon lokal di lahan yang sama

1. dimana dan mana contoh indukannya ?
--- kalau mereka tidak punya tanaman sengon solomon yang sudah besar dan menunjukkan foto atau lokasinya jelas mereka akan kelabakan karena kebohongan itu akan disusul kebohongan berikutnya-------------
 
sengon solomon 12 hari ( kanan ) jauh lebih besar dari sengon lokal 12 hari ( kiri )

2. perlihatkan pada kami contoh BENIH ATAU BIJINYA dan bandingkan dengan sengon lokal
-------------- kalau mereka tidak punya benihnya bagaimana akan membandingkan, sengon solomon asli benihnya berukuran 7 mm sd 10 mm atau 2x lipatnya sengon lokal dengan pertumbuhan super cepat. bayangkan hanya dalam 12 hari sengon solomon asli bisa memiliki tinggi 10 cm alias setara sengon lokal usia 30 hari-------------
 
sengon solomon usia 6,5 bulan hampir menyamai sengon laut lokal usia 1 tahun

 
benih sengon solomon hasil panen di Pulau Jawa


3. apakah anda menjamin pertumbuhan sengon solomon anda lebih cepat dari sengon lokal DI LAHAN DAN PERAWATAN YANG SAMA?

------------- KARENA kebohongan itu bersambung alias selalu diikuti kebohongan selanjutnya,. pastilah mereka bingung dan takut , karena jelas, sengon solomon di tanam di lahan yang sama tumbuhnya sangat pesat dibanding sengon lokal. bahkan usia 82 hari sudah memiliki tinggi hampir 2, 5 meter dan hampir menyamai sengon lokal usia 6 bulan.
sengon solomon di lahan kering tanpa pengairan buatan, usia 8 tahun berdiamater 65 cm, tinggi 25 meter


4. DARI BAU AKAR
 BIBIT   SENGON SOLOMON ASLI BILA DICABUT AKARNYA DARI TANAH MAKA AKAN MENGELUARKAN BAU MENYENGAT SEPERTI BAU PETE, SEDANGKAN SENGON LOKAL BAUNYA LEMAH SEKALI.


sekian tips dari kami untuk membedakan sengon solomon dengan sengon lokal. agar anda lebih berhati hati.


1 komentar:

Anonim mengatakan...

terima kasih informasinya,, untuk harga sengon solomon per kilonya berapa.... ?