Sabtu, 16 Maret 2019

Sengon solomon memang Dahsyat, jangan sampai tertipu bibit palsu

Survey sengon solomon usia 3 tahun

Pada hari sabtu , 16 Maret 2019 , Cv Sengon solomon sejahtera mendapat kunjungan dari bapak Wijaya dkk.
Kedatangan rombongan beliau ini untuk silaturahmi sekaligus studi menimba ilmu karena merencanakan menanam puluhan hektar sengon solomon dk wilayah Jawa Barat.

Bapak Wijaya Didampingi Bp Nurwanto


Usia 3 tahun sekitar 100 cm keliling

Dalam kunjungan ini team melakukan survey ke lahan sengon solomon di Kecamatan Plantungan, Kab Kendal yang memiliki elevasi ( ketinggian ) sekitar 800 meter dari permukaan laut.
Sengon solomon di wilayah ini ternyata sangat cepat, usia 3 tahun sudah berdiamater 20-30 cm.
Padahal sengon lokal usia 5-6 tahun di lokasi sama hanya berdiamater 10-20 cm.
Setelah disana mereka diberi tips agar sengon cepat besar, padahal di kebun ini dulunya adalah lahan kritis dan kering. Juga dibantu ilmu soal tumpangsari yang cocok diantaranya jagung, sayur, palawija, jamu jamuan. Kopi, lada, jagung, serai wangi dsb nya yang ternyata tidak mengganggu pertumbuhan sengon.
Dalam kunjungan yg didampingi bpk Nurwanto dari Cv Sengon Solomon Sejahtera ini , mereka sangat puas bisa menyaksikan sendiri perbedaan solomon asli dengan lokal dilapangan, karena sebelumnya sudah banyak korban terkena penipuan bibit dan benih sengon solomon palsu yang bahkan ada sertifikat nya.


Sengon solomon di Bali


 Nun jauh di Bali, bapak Ketut Sastra yang juga menanam sengon solomon pembelian dari CV SSS menyatakan puas, bahkan beliau memvideokan testimoni sengon solomon usia sama dengan sengon lokal jauh sekali bedanya.

Video perbedaan sengon solomon ori dengan sengon lokal milik bapak KT Sastra di Bali

Sengon solomon usia 3 bulan 

Sengon solomon usia sama sudah hampir sekaleng susu , sementara sengon lokal masih se besa jari manusia besarnya, dan ternyata memang banyak yang tertipu oleh penjual nakal yang bahkan melabeli dengan sertifikat
semoga dengan berbagai testimoni dan ilmu yang didapat masyarakat makin getol menanam pohon unggulan .

Tidak ada komentar: