Senin, 18 Agustus 2014

Perbedaan sengon solomon F1 asli dengan sengon lokal

perbedaan sengon solomon asli f1 dengan sengon lokal.
sengon solomon asli , ternyata memiliki perbedaan signifikan dengan sengon lokal,. diantaranya terutama dari bentuk daun yang lebih tebal dan sedikit lebar, biji yang 2x lipat lebih besar , dan batang utama yg relatif lurus,warna putih  sedikit cabang, berwarna putih dan tidak memayung rantingnya.


PENGAMBILAN JARINGAN HIJAU UNTUK KULTUR JARINGAN



sengon solomon yang kami amati di kebun bapak Agus Sumarmo di kecamatan Kranggan Kabupaten Temanggung yang ditanam di ketinggian 850 meter dari permukaan laut ini, pada mulanya merupakan hasil dari benih sengon Solomon yang diimpor langsung dari SOLOMON ISLAND di daerah Pasifik yang dikirim kepada Prof EKO dari UGM Yogyakarta.




sengon solomon
SENGON SOLOMON SANGAT LURUS DAN DAHANNYA TIDAK BANYAK


Waktu  itu sekitar tahun 2004 – 2005 saja harganya sekilo sudah mencapai 200 an dolar belum termasuk ongkos kirim dan karantina.  Benih sengon Solomon ini memiliki ukuran hamper 2x lipat sengon local. 
Setelah ditanam di Temanggung ini, ternyata sampai tanaman berukuran tinggi 25 meter dan diameter 65 cm belum juga berbiji, kalaupun berbiji sangat sedikit.
DAUN SENGON SOLOMON LEBIH TEBAL

DAUN HIJAU INILAH YG KAMI AMBIL UNTUK PROSES KULTUR JARINGAN


Di sekitar sengon solomon yg ditanam disini, ternyata banyak sengon lokal yg terkena serangan karat puru, tapi sengon solomon relatif tahan karat tumor.

 Oleh karena itulah kami melakukan system kultur jaringan agar bisa mendapat bibit sengon Solomon asli yg sama dengan hasil impor dari kepulauan Solomon.

Tidak ada komentar: